Thursday, April 30, 2015

Objek Wisata di Indonesia

Objek-Objek Wisata di Bali


Danau Beratan Bedugul 


Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.

Kelebihan:
1.      Karena terletak di daerah pegunungan, suasana objek wisata ini sangat sejuk. Setelah itu pemandangan Danau Beratan Bedugul tidak kalah indahnya.
2.      Transportasi menuju objek wisata dapat temui dengan mudah. Selain itu, objek wisata ini menawarkan penyewaan perahu, sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan danau Bedugul secara lebih dekat. Fasilitas juga sudah lumayan lengkap.

Kekurangan:
1.      Karena selalu dipenuhi oleh pengunjung, di sekitar objek wisata banyak ditemukan sampah.
2.      Keamanan yang kurang ketat, ini disebabkan karena kurangnya petugas keamanan. Sehingga, banyak pengunjung yang secara tidak sadar merusak hal-hal yang ada disekitar objek wisata. 

Penanggulangan:
1.      Pengelola objek wisata seharusnya membuat peraturan yang lebih jelas mengenai kebersihan untuk para pengunjung. Dengan memberi petunjuk ‘Dilarang membuang sampah’ di sekitar taman. Setelah itu pengelola objek wisata juga dapat menempatkan tempat sampah di setiap sudut, agar pengunjung dapat lebih mudah untuk membuang sampah. Peran petugas kebersihan juga sangat penting. Selain membersihkan wilayah objek wisata, para petugas kebersihan juga harus berani untuk menegur pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

2.      Untuk masalah keamanan, pengelola objek wisata harus meningkatkan jumlah petugas keamanannya. Pengelola objek wisata harus mendisiplin petugas keamanannya. Petugas keamanan harus berani untuk menegur pengunjung yang melakukan kesalahan.


Pantai Sanur


Objek wisata pantai sanur merupakan salah satu pantai yang cantik, indah, dan bersejarah. Pantai sanur dikenal dengan sun rise beach atau pantai matahari terbit karena saat pagi hari kita dengan leluasa melihat matahari terbit tanpa dihalangi oleh pegunungan atau bukit. Gugusan pulau serangan dan bukit batu karang yang menjorot ke laut di seberang laut terlihat dari pantai sanur sebelah selatan. Panorama pantai sanur sebelah selatan lebih indahbila dilihat pagi hari. Tempat meninjau yng strategis adalah bagian timur di semawang dan mertasari.

Kelebihan:
  1. Pantai Sanur merupakan tempat yang strategis dan juga memiliki pemandangan yang indah.
  2. Obyek ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti pedagang, kamar mandi, restoran, vila, tempat beristirahat, dan lain-lain.


Kelemahan:
  1. Pelayanan keamanan di pantai ini masih belum memadai. Sehingga keselamatan pengunjungpun belum terjamin. Karena petugas Badan Penyelamatan Wisata Tirta (balawisata) yang jumlahnya juga belum memadai.
  2. Selain itu perawatan keberdihan belum memadai. Banyak sampah yang dibuang sembarangan. Hal ini menyebabkan  kurangnya keindahan Pantai sanur.


Penanggulangan
1.      Seperti di danau Beratan Bedugul, pengelola objek wisata harus meningkatkan jumlah petugas keamanannya. Pengelola objek wisata juga harus mengarahkan para petugas keamanan dengan baik, agar keamanan objek wisata lebih terjamin dan pengunjung lebih merasa aman.

2.      Pengelola objek wisata harus memberi aturan yang tegas bagi pengunjung agar tidak mengotori wilayah pantai. Petugas kebersihan juga harus diberi arahan yang baik dalam menjaga kebersihan pantai. Yang terakhir dan paling penting adalah pengelola harus menempatkan banyak tempat sampah, agar pengunjung lebih mudah untuk membuang sampah.




No comments:

Post a Comment